Morphling Guide

Blackid 21:10

Baca Juga







Morphling


Ranged-Carry-Nuker-Disabler-Escape-Durable

Sumber : Gambarnaruto.com

Hero Statistik

Source : Dota2.gamepedia.com/morphling

Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan

  • Dapat menukar stats agility dan strength sesuka hati
  • Bisa menjadi hero dengan attack speed dan damage tertinggi
  • Bisa juga menjadi hero yang sangat keras dan tebal
  • Stun 4 detik jika berada dalam strength mode
  • Salah satu hero yang paling sulit untuk dibunuh
  • Bisa membuat bayangan hero lain serta memakai skillnya!!
  • Salah satu hero yang serba bisa (Versatile)

Kekurangan

  • Susah untuk dimainkan
  • Jika dalam Agility mode akan sangat mudah dibunuh menggunakan silence
  • Hero yang sangat bergantung dengan item
  • Sangat bergantung dengan mana miliknya
  • Jarak serangnya sangat buruk
  • Base movement speednya sangat rendah
  • Gak punya kaki!! wkwkwkwk


Skill


Penjelasan Skill :

Skill ini adalah salah satu skill lari yang dimiliki oleh morphling, Waveform sendiri akan memberikan damage ke musuh yang dilaluinya, ketika menggunakan skill ini Morphling akan berubah menjadi ombak kecil yang memiliki kecepatan 1250 ms dan bersifat invulnerable (Kebal terhadap serangan apapun).  Damage yang diberikan kepada musuh sebanyak 325  damage (level 4) dan memiliki radius serangan sebesar 200 radius. Skill Waveform ini dapat mencapai 1000 range, dan sewaktu berubah menjadi ombak Morphling tetap dapat menggunakan skill lain, item ataupun menyerang saat sedang menggunakan skill ini.


Penjelasan Skill :

Skill ini merupakan skill nuke Morphling, di mid game skill ini akan sangat terasa sakit dan bahkan bisa menjadi instant kill jika dipadukan dengan Ethereal Blade. Adaptive Strike akan memberikan efek stun dan damage ke musuh yang di tuju, durasi stunnya akan menjadi maksimal (4 detik) jika stats strength miliknya lebih 50% dari agility miliknya, dan begitupun sebaliknya pengkalian damagenya akan menjadi maksimal ketika agility miliknya lebih 50% dari strength miliknya. Damage yang dihasilkan skill ini bergantung kepada agility yang anda punya, jika anda memiliki 100 agility maka damage yang dihasilkan adalah 200 damage jika berada dalam agility mode. Musuh yang terkena Adaptive Strike akan terkena efek knockback (terpental kebelakang), jauh dari knockback itu sendiri juga tergantung dari seberapa banyak strength yang morphling miliki, jika morphling sedang berada pada strength mode maka musuh akan terpental sejauh 300 unit, dan jika dalam agility mode hanya akan terpental sejauh 100 unit. Kecepatan Adaptive Strike ini sebesar 1000 ms.

*note : Skill ini dapat didisjoint yang berarti tidak akan terkena jika musuh melakukan blink saat projectile dari skill ini meluncur.


Penjelasan Skill :

Saat mengambil skill 3 atau Morph maka akan keluar 2 skill yaitu Morph Agility gain dan Morph Strength gain. Untuk agility gain, ketika anda mengaktifkan skill ini maka morphling akan menukar strength yang dia miliki menjadi agility, ketika jumlah agility sudah lebih dari 50% dari strength yang morphling miliki maka itulah yang disebut dengan agility mode. Kecepatan penukaran statsnya sangat bergantung dengan levelnya, kecepatan tukarnya akan sangat cepat yaitu 0.0625 detik per 1 point agility jika skill ini sudah mencapai level 4 yang berarti morphling dapat menukar poin strength miliknya sebanyak 16 poin per detiknya. Kelebihan dari skill morph ini adalah skill ini tetap dapat diaktifkan ketika sedang terkena stun, tidur, terkena berserker's call dari axe ataupun dihilangin oleh OD dengan skill miliknya. Tetapi, skill ini tetap tidak dapat diaktifkan ketika terkena silence, hex atau terkena duel dari LC. 

Dengan bertambahnya jumlah agility miliknya maka akan bertambah pula attack speed, armor dan damage miliknya, sebaliknya dengan berkurangnya strength maka kapasitas darahnya pun akan berkurang. Poin yang hanya menggunakan base stats yang morphling miliki, jadi bonus stats dari item tidak dapat ditukar. Poin dari stats itu sendiri tidak akan kurang dari 1 sehingga ketika poin strength yang anda miliki hanya tersisa 1 maka skill ini tidak akan mengurangi mana anda lagi. Mana yang terpakai adalah 30 mana per detiknya.



Penjelasan Skill :

Hampir sama dengan penjelasan skill dari morph agility gain, morph strength gain itu merupakan kebalikan dari skill tersebut. poin yang dikurangi adalah agility dan yang bertambah adalah strength. Ketika strength sudah berada lebih 50% dari agility yang morph miliki maka dapat disebut sebagai strength mode. Setiap poin strength yang bertambah akan membuat kapasitas darah dan regenerasi darah morph menjadi naik, sebaliknya agility yang berkurang akan menyebabkan turunnya armor, damage, dan attack speed yang morphling miliki. Poin dari agility juga tidak akan berkurang dari angka 1.


Penjelasan Skill :

Skill Replicate akan membuat bayangan dari teman hero ataupun dari musuh, tetapi morphling tidak dapat membuat bayangan dirinya sendiri. Ketika digunakan skill ini akan tergantikan dengan skill Morph Replicate hingga ilusi miliknya mati atau kehabisan waktu. Kelebihan lain dari skill ini adalah ketika membuat replika/bayangan dari hero teman, maka bayangan tersebut akan mempunyai nama hero yang sesuai dengan hero yang dijadikan bayangan bukan bernama morphling. Jadi skill ini sangat berguna untuk mengelabuhi musuh. Jarak untuk menggunakan skill ini adalah 1500 range (level 4), bayangan yang dihasilkan pun sangat berkualitas dan dapat memiliki damage sebanyak 80% dari hero aslinya dan damage yang diterima pun sama dengan hero aslinya. Uniknya skill pasif dari hero yang dijadiin bayangan juga tetap keluar, contohnya Counter Helix milik axe akan keluar jika anda membuat bayangan dari axe itu sendiri. Durasi untuk ilusi bergantung terhadap level, jika sudah mencapai level 3 maka durasinya adalah 60 detik. Jika membuat bayangan dari Faceless Void maka bayangan tersebut juga dapat masuk ke dalam Chronosphere yang void miliki.


Penjelasan Skill :

Ketika skill replicate digunakan maka skill ini akan muncul menggantikan skill tersebut, ketika skill ini diaktifkan maka morphling akan berpindah ke tempat dimana bayangannya berada dan secara otomatis bayangan tersebut akan hancur. mana yang digunakan ketika mengaktifkan skill ini adalah sebesar 150 mana.


Penjelasan Skill :

Jika morphling membeli Aghanim Scepter maka akan muncul skill baru yang bernama Hybrid. Skill ini hanya dapat membuat bayangan dari hero teman saja tetapi memiliki kelebihan bayangan yang dihasilkan dapat menggunakan skill hero tersebut kecuali ultimate skill. Durasi dari skill ini cukup singkat yaitu 20 detik saja dan memiliki cooldown 60 detik. bayangan yang dihasilkan memiliki damage hanya 50% dari hero aslinya dan mendapat 100% damage sama seperti hero aslinya. Bayangan dari skill ini juga dapat menggunakan skill pasif termasuk ultimate skill pasif dari hero tersebut. Jika membuat bayangan dari hero yang memiliki Aghanim Scepter maka efeknya juga akan dimiliki oleh bayangan dari Hybrid ini. 

Skill Build


LevelWaveformAdaptive StrikeMorphReplicateStats
1



2



3



4



5



6



7



8



9



10



11



12



13



14



15



16



17



18



19



20



21



22



23



24



25





Di awal game ambillah skill Morph dan naikkan stats agi yang anda miliki hingga poin strength tersisa 10, dengan begitu damage dan attack speed yang anda miliki akan bertambah dan akan sangat membantu anda dalam melakukan last hit di awal game. Setelah itu fokus menaikkan skill Waveform, skill ini memiliki damage yang sangat tinggi untuk di early dan mid game dan skill ini juga menjadi satu2nya skill lari yang anda punya di early game. Adaptive Strike diambil setelah skill Morph dan Waveform sudah level maksimal, kenapa? karena damage dari skill ini tidak terlalu besar dan hanya berguna untuk menggagalkan tp milik musuh saja di early-mid game. 

Skill Replicate anda ambil ketika sudah berada di level 10, karena skill ini hanya akan berguna untuk anda melarikan diri saja untuk di early-mid game dan akan hanya sangat berguna ketika di late game. Untuk cara melarikan diri menggunakan skill Replicate ini simak di bagian Game - Mid game.

Item Build

Starting Items

    

Untuk item awal cukup beli tango dan dua ironwood branch, saat akan mengisi darah tanam ironwood yang anda miliki lalu makan menggunakan tango, itu akan menggandakan jumlah heal yang akan anda terima. Ring of protection akan sangat berguna diawal game karena akan menambah armor yang anda miliki serta nantinya bisa dijadikan menjadi Ring of Aquila.

Early Items

  

Ring of Aquila memiliki efek aura yang dapat menambah armor creep dan teman hero anda di lane, item ini juga menambah regen mana anda. Dan tentu saja jangan lupa untuk membeli Boots of Speed, morphling memiliki base MS yang sangat rendah maka setelah Ring of Aquila jadi secepatnya beli item ini. Setelah itu fokus untuk membeli Perseverance yang juga nanti dapat diupgrade menjadi linken Sphere.

Mid Items

   

Linken Sphere merupakan item wajib dan Ethereal Blade merupakan item wajib untuk Morphling, Linken Sphere akan memblock skill single target dari musuh dan Ethereal Blade akan membuat anda memiliki kemampuan instant kill musuh. PT akan menambah attack speed yang anda miliki dan juga menambah stats, Dragon Lance menambah attack speed dan stats serta menambah jarak serangan anda juga.

Late Items

   

Eye of Skadi akan menambah semua stats yang anda miliki serta memiliki attack modifier berupa slow, eye of skadi juga sangat cocok dan stack dengan Satanic. Dengan kedua item tersebut akan membuat anda akan sangat sulit dikalahkan. Butterfly juga akan menambah attack speed, stats agility yang anda miliki serta akan memberikan anda kemampuan evasion, setelah itu ubah PT anda menjadi Boots of Travel agar memiliki mobilitas yang lebih tinggi lagi.

Situasional Items


Jika dirasa diperlukan belilah Manta style, ini akan membuat musuh kebingungan serta bisa menghilangkan buff silence jika pemakaiannya tepat.


Well jika musuh mempunyai Omniknight sebagai salah satu timnya, maka beli Diffusal blade untuk nge-purge semua skill yang omni miliki. Item ini juga sangat sinergi dengan manta style karena memiliki efek mana burn setiap hitnya.


Jika musuh memiliki banyak skill disable dan silence, maka saya sarankan untuk membeli Black King Bar.


Memiliki banyak gold dan slot udah penuh? beli dan konsum Moon Shard!


Dengan adanya Aghanim's Scepter akan muncul skill baru bernama Hybrid, jika temEan anda memiliki skill non ultimate yang mematikan dan ngerusuh di war seperti Undying dengan Totemnya, atau punya teman Phantom Assassin yang memiliki ultimate skill pasif kritikal. Maka saya sarankan belilah item ini.


Game

Early Game

Jangan lupa sebelum pergi ke lane, ambil skill Morph anda lalu naikkan poin agility anda hingga poin strength mencapai 10 atau 9 dengan ini akan memudahkan anda mendapatkan last hit di lane. Pada saat dilane cukup fokus dalam melakukan last hit, dan jika musuhnya melee harras dia sebisa mungkin dan jika beruntung anda bisa mendapat first blood di lane. Jika ada hero musuh yang nekat melawan anda, tetap tenang dan ladeni dia, ketika darah anda mulai tersisa sedikit naikkan poin strength anda perlahan lahan untuk menaikkan jumlah darah yang anda miliki, setelah itu habisi dia dengan skill Waveform.

Mid Game

Setidaknya Sudah ada linken sphere atau dragon lance di inventory anda saat ini. Di mid game ikut lah sesekali tim anda untuk melakukan gank smoke, dan dapatkan kill sebanyak mungkin di Mid Game ini. Jika seandainya anda digank oleh musuh, gunakan Replicate ke salah satu musuh dan kendalikan dia menjauh dari anda dan musuh anda, lalu anda sendiri melarikan diri kearah yang berlawanan dengan bayangan yang anda punya. Jika terkena stun cepat naikkan poin strength yang anda miliki dan ketika stunnya hilang segera tekan R atau skill ultimate yang anda miliki untuk berpindah ke tempat bayangan dari skill Replicate anda.

Jika Ethereal Blade anda sudah jadi, maka carilah musuh yang memiliki darah tipis (Biasanya Support). Tapi sebelum itu naikkan poin agility anda hingga poin strength hannya tersisa satu. Jika sudah lancarkan kombo serangan Ethereal-Waveform-Adaptive Strike atau Ethereal-Adaptive Strike jika musuhnya seperti Shadow shaman, disruptor atau hero support yang lainnya pasti dengan kombo tersebut mereka akan mati secara instant. Ingat damage dari item Ethereal Blade tergantung dari banyaknya Agility yang anda punya sama halnya dengan Adaptive Strike.

Late Game

Setidaknya salah dua item late anda sudah ada di invetory, cukup diingat kesalahan sedikit saja di clash (war/perang) late game akan berakibat fatal. Saat clash di late game, anda bertugas untuk mengincar support yang musuh miliki, dengan kombo Ethereal-Waveform-Adaptive Strike atau Waveform-Ethereal-Adaptive Strike  yang anda punya akan sangat mudah membunuh salah satu support mereka. Dengan matinya salah satu support mereka maka sangat menguntungkan tim anda dalam clash tersebut, setelah itu fokus untuk membunuh core mereka, dengan attack speed yang anda miliki akan sangat mudah membunuh salah satu dari core mereka.

Berhati-hatilah jika musuh melakukan buy back, jika musuh buy back semua dan darah anda dan tim anda tidak dalam kondisi penuh cukup balik lagi ke base dan tunggu hingga ultimate skill semua hero di tim anda selesai cooldown. Jika sudah siap balik serang base mereka dan lakukan seperti tadi dengan mengincar support mereka terlebih dahulu, dan selamat anda berhasil menghabisi mereka semua dan yang tersisa hanya ancient saja. Hancurkan ancient dan pertandingan akan selesai dengan kemenangan untuk tim anda.

Teman & Musuh

Teman

Kotl 

 

Kotl mungkin babysitter terbaik untuk morphling, kotl dapat menambah Mana dan juga dapat menambah darah. Kotl juga memiliki skill Mana Leak yang membuat musuh kehabisan mana jika bergerak, dengan adanya skill tersebut akan sangat mudah mendapatkan first blood di lane anda. 

Babysitter

    

Morphling akan sangat butuh farm di early game, maka dia sangat membutuhkan support yang bisa menjaganya dengan baik di lane. Semua hero diatas akan menjawab semua kebutuhan dari Morphling.

Magic Amplifiers

  

Berteman dengan salah satu mereka akan sangat amat memudahkanmu melakukan Instant kill, skill milik mereka akan membuat semua magic damage memiliki bonus damage. So, bayangin jika gak ada mereka aja udah bisa instant kill support musuh, jika ada mereka maka tanker milik lawan pun bakal gak ada apa apanya.

Elder Titan


Skill Natural Order memiliki efek menghilangkan 100% base armor musuh serta 33% base magic resistance musuh. Dengan attack speed dan damage yang dimiliki morphling maka sangat mudah menghabisi musuh, bahkan musuh yang sangat keras sekalipun.

Musuh

Silencers

    

Hati-hati jika melawan mereka, dan sebaiknya jika memang musuh memiliki 3 dari mereka sebaiknya belilah BKB segera mungkin.

Legion Commander


Saat terkena duel, anda tidak dapat menggunakan skill sehingga akan sangat memudahkan musuh untuk membunuh anda. Disarankan secepat mungkin membeli linken sphere agar memblock skill duel dari LC.

Mana burners

  

Berhati-hatilah jika melawan mereka, morphling sangat bergantung dengan mana yang ia miliki dan mereka dapat menghabisi mana anda dengan sangat mudah. Khususnya AM, dia memiliki skill Mana Void yang akan memudahkannya untuk membunuhmu. Saran jika bertemu AM segera buat bayangan dari AM dan perintah bayangan tersebut untuk menyerang AM, maka AM sendiri lah yang akan kehabisan mana.

Slark


Hati-hati dengan Slark, hero ini dapat mencuri stats yang anda punya. 



Penutup

Begitulah cara memainkan morphling beserta item yang dibutuhkan, Morphling adalah salah satu hero yang ditakuti di mid-late game, dengan kemampuannya mengubah stats menjadikannya hero dengan damage tertinggi serta hero dengan darah yang sangat banyak. Hero ini juga dapat dijadikan support, mungkin guide selanjutnya saya akan menjelaskan cara menjadikan morphling sebagai support. Sekian dari guide ini, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan bertanya dikolom komentar.

Referensi : Dota2.com, Dota2.gamepedia.com, Dota fire, Steam Community

Artikel Terkait

Previous
Next Post »