Advanced Tips

Blackid 20:22

Baca Juga










Jika kemarin artikel mengenai tips untuk pemula, maka kali ini saya akan share mengenai tips yang biasanya dilakukan oleh pro player dota 2. Perlu diketahui ada banyak cara yang digunakan pro player ingin tahu lebih lanjut? silahkan simak tips berikut ini.

Stacking Creep


Cara ini biasa dilakukan pro player untuk mempercepat farming carry utama tim, nge-stack NC biasanya dilakukan oleh Support tim. Bisa dilihat di beberapa tournament Internasional, para support tim melakukan stacking creep di Ancient Camp maupun di Large NC. Sebelum belajar melakukan stacking creep anda perlu mengetahui kapan saja NC akan spawn, NC respawn pertama kali di waktu 00:30 pada saat game baru dimulai, lalu creep akan respawn lagi di waktu 01:00 dan akan selalu respawn setiap 1 menit sekali. Cara stacking creep cukup sulit karena harus dilakukan pada waktu yang tepat, nah waktu yang tepat yaitu ketika waktu menunjukkan di detik 54 maka langsung tarik creep pada waktu tersebut. contoh, anda ingin stacking creep di Ancient Camp, waktu sudah menunjukan 5:50 ketika detik sudah sampai di detik 54 segera tarik Ancient.

Waktu 3 detik fountain


Maksudnya adalah ketika berada di fountain kalian akan kena efek regen HP dan Mana serta botol juga bakal terisi penuh pada saat berada di fountain. Nah ketika kalian keluar dari fountain akan ada waktu 3 detik sisa efek dari regen fountain tersebut, anda bisa memanfaatkan efek ini untuk mengisi ulang botol anda, bagaimana caranya? nah disini kalian memerlukan teman yang baru saja berada di fountain, ketika temanmu itu TP ke lane anda, berikan botol anda kepada teman maka botol anda akan terisi penuh tanpa anda pulang ke fountain. Kalian juga bisa memanfaatkan 3 detik ini ketika kalian dari fountain TP ke lane teman yang sedang di kejar musuh, sesaat setelah TP selesai langsung keluarkan skill anda, mana anda akan tetap terisi dari efek 3 detik fountain tersebut.

Efisiensi Penggunaan Arcane boots, botol dan soul ring

  

Ini ada tips cara efisien dalam menggunakan item penambah mana, pada saat menambah mana jika di inventory anda mempunyai item penambah kapasitas mana seperti Null talisman atau soul booster, lepas dulu item tersebut tapi lepasnya di daerah yang aman seperti di tower dan pastikan tidak ada hero musuh yang dapat menghilang di sekitar anda. Ketika ingin menambah mana lepas item yang menambah kapasitas mana anda, lalu gunakan botol, Arcane boots, atau Soul ring anda. Dengan melakukan cara ini mana anda akan terisi jauh lebih banyak ketimbang dengan mengisi mana biasa. Oh iya jika anda mempunyai PT di inventory anda sebaiknya ubah ke warna hijau terlebih dahulu sebelum menggunakan Botol atau Soul ring.

Efisiensi Penggunaan Power Treads dan Tranquil Boots

 

Dalam penggunaan PT (power Treads) juga diperlukan cara yang tepat agar lebih efisien dalam penggunaannya, 
  • PT warna biru (INT) = gunakan pada saat mengeluarkan spell
  • PT warna Hijau (AGI) = gunakan pada saat regen mana dan darah
  • PT warna Merah (STR) = gunakan pada saat dihajar lawan
  • PT Stats utama hero (jika memakai hero STR maka ganti PT ke warna merah) = Pada saat menghajar lawan
Selanjutnya penggunaan Tranquil Boots (TB), pada saat menggunakan Tranquil boots dan sedang melakukan jungling, lepas terlebih dahulu Tranquil Boots anda tetapi dengan syarat harus berhati-hati dan kalau bisa di daerah hutan anda sudah di pasangi ward dan sentry (jika ada yang menghilang). Pada saat jungling lepas TB anda lalu lawan NC, hal ini berguna karena dalam penggunaan TB jika meng-hit atau kena hit musuh maka efek TB akan Cooldown, untuk menghindarinya yaitu dengan cara melepas TB terlebih dahulu.
*note : jangan lepas TB pada saat Clash, berada di lane, atau daerah hutan yang tidak dipasangi ward.


Double/Triple Pulling


Kalian bisa melakukan pulling creep lebih dari satu kali dalam satu wave creep anda. pulling creep berguna untuk meniadakan XP lawan serta membuatmu bisa mendapatkan Gold dan XP. Biasanya pulling creep dilakukan oleh support untuk membantu carry agar tidak terlalu jauh dari tower. Tetapi perlu diingat juga double atau triple pulling anda lakukan jika melakukan Trilane agar carry anda tetap aman berada di lane dengan bantuan lane support.


Block NC musuh

Memblock NC musuh sangat berguna untuk memperlambat Jungler/Carry musuh untuk bisa farm, cara memblok sudah dijelaskan di (baca Warding Tips). Ada baiknya gunakanlah Sentry untuk memblok NC musuh karena sentry tidak memiliki batasan dalam membelinya beda dengan Observer Ward.  Untuk di early game block NC pulling creep di safelane musuh, jika musuh memiliki jungler block NC di Medium camp mereka karena untuk para jungler akan sangat sulit melawan Large Camp di early game. Jangan lupa memblock ancient lawan di early game jika musuh memiliki Necrophos dalam tim yang sedang farming di AC.



Rune Tactics


Ketika rune akan muncul dan teman anda melindungi rune tersebut berikan sisa isi botol anda kepada dia atau jika anda tidak membutuhkan rune tersebut tetapi hanya ingin mengisi ulang botol anda cukup berikan botol kepada teman anda setelah dia memakai rune tersebut maka teman anda akan mengembalikan botol milik anda. Contoh, ketika di tim anda memiliki Alchemist yang sangat membutuhkan Bounty Rune, cukup berikan botol kepada dia lalu biarkan alchemist mengambil rune tersebut dan memakainya setelah itu botol akan di kembalikan kepada anda yang sudah terisi penuh. Ingat ketika botol masih berisi rune, botol tidak dapat di berikan kepada teman!

10 Detik Shop


Ketika membeli item anda dapat menjualnya kembali dengan harga yang sama selama item tersebut anda beli belum cukup 10 detik. Dengan menggunakan trik ini anda bisa mengisi mana atau HP anda di Side Shop dengan membeli Ring of Health atau Void Stone. Ketika sudah di detik ke 8 atau 9 jual lagi item tersebut lalu beli lagi, lakukan hingga HP anda terisi cukup banyak.


Jika ada yang ingin ditambahkan, kritik atau saran silahkan komen di bawah yah :D

Artikel Terkait

Previous
Next Post »