IO Guide

Blackid 18:34

Baca Juga


IO

Ranged-Support-Escape-Nuker


Hero Statistik


Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan

  • Support yang sangat baik
  • Salah satu ganker yang hebat
  • Sangat membantu carry tim untuk mendapatkan kill
  • Penyelamat hidup :')
  • Dapat memberi regen HP, mana serta Move speed kepada teman

Kekurangan

  • Sangat lemah
  • Kena Stun = Mati
  • Cukup sulit untuk dimainkan
  • Membutuhkan tim yang hebat
  • harus rela berkorban diri buat tim!

Skill



Penjelasan Skill :

Ketika digunakan ke teman/unit akan keluar sub ability Break Tether yang akan membuat IO memutuskan tali jiwanya ke unit/teman yang di beri skill Tether. Kehebatan dari skill ini adalah IO dapat membagi Restorasi mana dan HP ke teman yang di tether dan teman tersebut mendapat 1,5 kali lebih banyak daripada IO. Contoh, ketika IO menggunakan Arcane boots dan mengaktifkannya Teman yang di Tether mendapatkan mana langsung dari arcane boots dan juga mendapatkan mana dari IO, jumlah mana yang di dapat dari IO di kalikan sebanyak 1,5 itulah hasil restorasi mana yang didapatkan teman yang di Tether. Hal itu juga berlaku untuk mekans atau item heal lainnya.

Jika menggunakan Tether  ke teman/unit yang berada 700  range atau lebih IO akan menarik dirinya sendiri ketemannya menggunakan tali jiwa miliknya, dan hebatnya lagi IO dapat melewati gunung atau pepohonan yang tidak dapat dilalui pada saat IO menarik dirinya memakai Tether. IO juga akan merusak pohon sekitar 350 radius di dekat IO sesaat setelah IO selesai menarik dirinya menggunakan Tether.

*Note : Skill ini sangat sinergi dengan skill Overcharge dan Relocate milikmu, untuk lebih detailnya silahkan baca penjelasan skill tersebut. Ketika menggunakan Tether ke teman yang menghilang, musuh hanya akan melihat tali jiwa milik IO  dimana teman anda yang menghilang terakhir terlihat oleh musuh.



Penjelasan Skill :

Ketika diaktifkan akan keluar 5 buah partikel roh yang akan mengelilingi IO, ketika mengambil skill ini IO akan mendapatkan 2 skill tambahan yaitu Spirit in dan Spirit Out, Spirit in berguna untuk memperdekat jarak kelima partikel roh ke IO sebaliknya Spirit Out akan memperjauh kelima partikel roh tersebut. 

Ketika mengaktifkan skill Spirits ini, partikel roh akan muncul satu persatu selama 5 detik, jadi partikel roh tersebut akan muncul setiap 1 detik pada saat skill ini diaktifkan. Ketika Spirits IO menabrak non hero unit (Creep, dll) mereka akan mendapatkan damage Collision sebanyak 26 Damage per tabrakan (Maks level), dan ketika menabrak Hero akan membuat Partikel roh IO meledak yang akan menghasilkan 100 damage (maks level), Partikel roh IO akan meledak dengan sendirinya ketika durasinya telah habis yaitu selama 19 detik dan itu akan menyebabkan semua musuh yang berada didekat partikel roh milik IO akan mendapat damage ledakan.

*Note : Tidak seperti skillnya yang lain, Spirits (Partikel roh) dapat terlihat oleh musuh bahkan jika IO menghilang sekalipun. Partikel roh akan memberikan flying vision sebesar 300 radius selama 3 detik ketika Partikel roh tersebut meledak saat menabrak hero, tidak pada saat durasinya telah habis.


Penjelasan Skill :

Ini dia salah satu skill IO yang membuat musuh geram, skill ini dapat membuat IO dan teman yang di Tethernya mendapat efek damage reduction (Damage yang diterima akan berkurang) sebanyak 20% dan lagi menambah attack speed sebesar 70, ini lah yang membuat hero yang di tether oleh IO menjadi sulit untuk dibunuh. 

Sayangnya menggunakan skill ini harus merelakan 4,5% HP dan mana milik IO perdetiknya tapi Worth It lah.

*Note : Skill ini tidak mengganggu ketika IO menggunakan Item atau skill yang bersifat channeling seperti pada saat menggunakan TP.

Penjelasan Skill :

IO dapat teleport kemana saja yang ia tuju saat menggunakan skill ini, skill ini mirip seperti Teleportation (Nature's Prophet) Bedanya adalah IO dapat membawa salah satu temannya yang telah ia Tether dan skill ini juga memiliki durasi tersendiri yaitu 12 detik. Relocate memerlukan 2 detik delay saat menggunakan skill ini, selama delay skill berlangsung tim anda akan diberi flying vision 300 radius di tempat yang IO tuju. IO juga akan menghancurkan pohon disekitarnya pada saat teleport dan teleport balik.
*Note : Skill ini sangat berguna Untuk menolong teman dan gank musuh, gunakanlah dengan bijak. Hanya bisa digunakan pada Ilusi, Spirit Bear (Lone Druid), Golem (Warlock) dan Storm serta Fire Spirit dari Primal Spirit (Brewmaster).


Skill Build


LevelTetherSpiritsOverchargeRelocateStats
1



2



3



4



5



6



7



8



9



10



11



12



13



14



15



16



17



18



19



20



21



22



23



24



25




Skill Tether sangat berguna untuk IO, dengan skill tersebut IO dapat lari dari musuh dengan Tethering ke teman atau juga bisa menyelamatin teman anda dengan hanya melakukan Tether. Setelah naik ke level 2 anda perlu mengambil skill Spirits, skill ini memiliki damage nuke yang lumayan tinggi diawal game, maka dari itu naikkan skill ini sampai ke level max untuk memberi damage nuke ke musuh yang juga berguna untuk meng-harass musuh di lane anda.

Skill Overcharge diambil ketika sudah berada di level 4, skill ini berguna untuk memberikan damage reduction dan attack speed ke teman yang di Tether dengan mengorbankan 4,5% mana dan darah setiap detiknya. Skill Overcharge sangat berguna dalam menyelamatkan teman yang sedang dikejar atau membantu carry tim anda yang sedang clash. 

Relocate diambil setiap skill ini dapat diambil, skill ini akan sangat membantu menolong teman yang sedang di gank oleh musuh atau juga dapat melakukan gank ke musuh yang sedang sendiri. Ingat selalu membawa teman anda jika melakukan Relocate.

Item Build

Starting Items

 

Cukup membeli Tango dan Clarity buat item awalmu, dengan hanya membeli kedua item ini dapat membuatmu lebih cepat membeli Bottle yang merupakan item penting bagi IO. Jika anda satu-satunya support di tim, maka anda wajib membeli ward dan courier.

Early Game

    

Belilah bottle secepat mungkin, dengan begitu anda dapat membantu tim anda dalam mengkontrol rune. Setelah membeli bottle, kumpul lah gold buat membeli Boots of speed secepatnya, ingat jangan mengambil creep di lane. Belilah magic wand, item ini akan sangat berguna di early game.

Core Items

  

Urn of Shadow sangat berguna untuk mengheal teman, cara penggunaannya cukup mudah tinggal heal diri sendiri dan lakukan Tether ke teman yang mau di heal. Urn juga dapat membantu dalam gank musuh yang mana urn ini memberikan efek slow dan damage per detiknya. Upgrade boots of speed anda menjadi Arcane boots, item ini akan memberikan efek double kepada teman yang terkena Tether.

Core Items Extension

  

Jika game berlangsung hingga late game, anda perlu mengupgrade atau bahkan membeli item tambahan yang dapat medukung di late game. Upgrade arcane boots menjadi Guardian Greaves, item ini dapat menambah darah serta mana tim anda, Glimmer cape sangat berguna untuk menolong teman atau menyelamatkan diri dari musuh. Heart of Tarrasque memberikan efek regen darah yang sangat tinggi, dengan ini anda dapat dengan mudah menambah darah teman anda hanya dengan menggunakan Tether.

Situasional Items


Jika musuh memiliki banyak spell caster, belilah Pipe of insight yang akan memberikan 30% magic resistance untuk diri sendiri dan 10% magic resistance untuk ke teman yang terkena aura. Item ini juga memberikan 400 block magic damage ketika diaktifkan.


Belilah lotus orb ketika musuh memiliki banyak hero dengan skill single target, seperti batrider atau vengeful spirit

Tim kekurangan disable? beli Scythe of vyse

Force staff sangat berguna untuk menolong teman yang ingin melarikan diri

Game

Early Game

Pergilah ke rune area untuk membantu mid anda mendapatkannya di awal game, pastikan skill Tether anda sudah terambil. ketika rune sudah diambil, kembalilah ke lane untuk membantu carry anda farm dengan mengharras musuh yang ada di lane. Selalu sedia tp di invenntory anda untuk membantu MID yang terkena gank di early game, ingat tugas anda di early game adalah membantu core di tim anda agar tidak mati. 

Kumpullah gold anda agar dapat membeli bottle secepat mungkin, dengan ini anda dapat membantu mid mengkontrol rune. Bottle sangat berguna untuk menolong dan mengisi darah teman anda yang sekarat dengan hanya menggunakan Tether lalu menggunakannya ke diri sendiri.

Mid Game

Saat game sudah memasuki pertengahan game, pada saat itu lah terjadi gank war dimana pihak musuh dan tim anda melakukan gank ke core masing-masing tim. Skill Relocate IO sangat berguna untuk melarikan diri dan melakukan gank ke musuh, gunakan kepada teman yang di gank lalu antar mereka ke fountain dengan begitu teman anda bakal selamat akan tetapi membuat anda menjadi tumbal dengan mengorbankan nyawa, hal itu tidaklah masalah karena anda hanyalah support yang tidak memiliki net worth tinggi. Jika ingin meng-gank musuh, Relocate teman carry anda ke musuh yang terlihat sendiri dan boom! carry anda mendapat kill. 

Ketika musuh dan teman anda sedang Clash, Relocate diri anda sendiri ke tempat mereka dan membantunya dengan menggunakan Tether + Overcharge+ Spirits dengan ketiga skill ini dapat dipastikan teman anda bisa menang melawan musuh. Perlu diingat lagi waktu Relocate hanyalah 10 detik, jika waktu sudah hampir habis putuskan Tether segera agar teman anda tidak terbawa dengan anda. Akan tetapi, jika memang teman anda itu kalah anda harus membawanya kembali dengan anda.

Late Game

Setidaknya anda sudah memiliki beberapa item core yang dibutuhkan di late game seperti Guardian Greaves dan Glimmer, dengan kedua item tersebut kemungkinan tim anda menang dalam clash di late game sangat besar. Saat Clash terjadi Tether segera ke carry tim anda, gunakan skill Overcharge untuk menambah attack speed serta mengurangi jumlah damage yang masuk ke carry anda, jika darah carry anda sudah berada dibawah setengah segera gunakan guardian greaves. Perlu diperhatikan juga teman yang lain, jika ada teman yang sekarat dan sedang dikejar gunakan glimmer cape ke dia.

Musuh bakal membuat anda menjadi target utama dalam war, oleh karena itu anda harus memperhatikan posisi anda saat menggunakan Tether, ambillah posisi tepat di belakang carry anda dengan begitu musuh akan susah menjangkau anda. Jika ada musuh yang berhasil menjangkau anda segera gunakan glimmer of cape, dan apabila musuh memiliki item deteksi seperti dust atau sentry cukup lari ke fog dan lakukan beberapa juke, jika dirasa sudah aman kembali ke carry anda dengan menggunakan Tether + Overcharge

Teman & Musuh

Teman

carry

  

Mungkin mereka bertiga adalah the best carry yang cocok dengan IO, dengan combo Tether + Overcharge ditambah dengan skill mereka yang mematikan membuat musuh tak berkutik dan dengan cepat dapat membunuh musuh yang ada.

Healer & Mana Restorer

   

Mereka berempat dapat menambah darah anda, cukup memberikan heal kepada IO yang sedang menggunakan Tether maka darah mereka berdua bakal terisi bahkan yang terkena Tether mendapatkan lebih banyak bonus darah. Mungkin heal terbaik dimiliki oleh dazzle buat IO, dengan skill Shadow wave miliknya dapat memberikan darah ke seluruh tim, yang berarti double heal untuk hero yang terkena Tether.

Musuh

Lich


Lich sangat senang dengan hero yang harus jalan berpasangan seperti IO, dengan Ultimate miliknya membuat anda dengan pasangan anda mati seketika!

Silencers & Doom

   

How to counter IO? cukup silence dia dan IO bakal kerepotan. IO sangatlah bergantung dengan skill Tethernya tanpa skill itu IO menjadi tidak berguna.

Blinkers

  

Ketiga hero ini sangat mudah menjangkau mu dan membunuhmu dengan sangat cepat, terkhusus untuk riki segera beli Gem atau item pendeteksi lainnya.

Penutup

Mungkin hanya itu saja yang dapat penulis bantu, untuk selebihnya dapat anda lihat beberapa pro player yang memakai IO di youtube. IO mungkin hero yang tidak berguna jika diliat oleh beberapa orang yang tidak tahu cara memakainya. akan tetapi, hero ini sangat amat berguna dan bisa menjadi penentu kemenangan tim jika player tahu cara memakainya. So keep it up dude and play IO jangan ngeremehin hero ini ya.

Referensi : Steam Community, Dota fire, Dota2.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »